Categories

Jumat, 04 April 2014

Tashghir


  1. Definisi Tashghir.
    Lafadh     تصغير     berasal dari kata يصغر  صغر   yang berarti mengecualikan.tashghir adalah menganggap kecil sesuatu. Sedangkan tashghir hanya berhubungan dengan isim yang mu’rob.[1]
  2. Fa’edah-faedah Tashgir:

  1. Mengangggap kecil perkara yang besar.
  2. Menganggap remeh perkara yang penting atau agung.
  3. Menganggap sedikit perkara yang banyak.
  4. Menganggap sebentar perkara yang lama.


  1. Cara mentashghir:[2]


  1. Caradasar.


  1. Menambahkan huruf ya’ setelah huruf  kedua.
  2. Harokat huruf pertama didhommah.
  3. Huruf kedua difathah.
    Contoh:    رَجُلٌ    menjadi         رُجَيْلٌ  
                         شَجَرٌ    menjadi         شُجَيْرٌ
    Adapun tashghir tidak diperbolehkan pada lafadh     اَفْعَلَ    (Kalimat ta’ajub) dan kalimat huruf.Ya’ni tidak diperbolehkan mentashghir isim yang mabni. Seperti:
    ذَا ,      تَا,       الذى,   dan      التى.


  1. Cara disertai adanya syarat.


  • Harokat huruf yang jatuh setelah ya’ tashghir hukumnya wajib dikasroh, contoh:جُعَيْفِرٌ, kecuali jika huruf yang jatuh setelah ya’ tashghir tersebut berada di akhir kalimat maka harokat hurufnya mengikuti I’robnya. contoh:[3]

Ketika rofa’
جَاءَ رُجَيْلٌ
Ketika nasob
رَأَيْتُ رُجَيْلاً
Ketika jer
مَرَرْتُ بِرُجَيْلٍ

  • Atau apabila sambung dengan alamat ta’nits seperti ta’ta’nits ataupun alif ta’nits baik maqsuroh atau mamdudah maka harokat hurufnya juga mengikuti I’robnya. Contoh:[4]

I’rob
Ta’ta’nits
Alif ta’nits maqsuroh
Alif ta’nits mamdudah
Rofa’
عِنْدِىتُمَيْرَةٌ
جاءَتْ سُلَيْمَى
وَجْهُ فَاطِمَةَ حُمَيْرَاءُ
Nasob
اَكَلْتُ تُمَيْرَةً
رَأيْتُ سُلَيْمَى
اِشْتَرَيتُ الثوبَ الحُمَيْرَاءَ
 
Jer
اِشْتَرَيتُ الفَوَاكِهَ كَتُمَيْرَةٍ وَتُفَّاحٍ وَمَوْزٍ
مَرَرْتُ بِسُلَيْمَى
 
اُلَوِّنُ صوْرَتِي بِلَوْنِ الحُمَيْرَاءِ


  • apabila yang akan ditashghir  berupa isim yang bertemu alif jama’(dijama’kan) yang mengikuti wazan اَفْعَالٌ     dan isim yang mendapat ziadah alif dan nun pada isim alam dan isim sifat maka huruf yang jatuh setelah ya’ tashghir tersebut diharokati fathah.Contoh:         اُحَيْمَالٌ, عُثَيْمَانُ, dan    عُطَيْشَانُ.[5]
  • Apabila isimnya sambung dengan  alif jama’(dijama’kan) yang mengikuti wazan    اَفْعَالٌ     dan isim yang mendapat ziadah alif dan nun, tetapi bukan berupa isim alam atau isim sifat maka huruf setelah ya’ tashghir di kasroh. Contoh:سِرْحَانُ      dijama’kanسَرَاحِينُ      ditashghir menjadi.سُرَيْحِيْنُakan tetapi ada yang berpendapat bahwa lafadhسِرْحَانُ        merupakan isim Alam yang kemudian mentashghirnya denganسُرَيْحَانُ,         sebagaimana ketentuan sebelumnya.[6]


  1. Wazan-wazan tashghir:


  1. Wazan-wazan Tashghir ada tiga:[7]


  1. Apabila terdiri dari isim tsulasi maka ikut wazan:        فُعَيْلٌ
  2. Apabila terdiri dari isim ruba’i maka ikut wazan:         فُعَيْعِلٌ     
  3. Apabila lebih dari empat huruf maka ikut wazan:        فُعَيْعِيْلٌ    

Contoh:
     فُعَيْلٌ    :         فَلْسٌ              فُلَيْسٌ
    قَذَى               قُذَيٌّ                  

فُعَيْعِلٌ   :         دِرْهَمٌ             دُرَيْهِمٌ               
                              قُنُفُذٌ               قُنَيْفِذٌ
فُعَيْعِيْلٌ  :         عُصْفُوْرٌ       عُصَيْفِيْرٌ
                             مِنْشَارٌ            مُنَيْشِيْرٌ

            Adakalanya wazan      فُعَيْعِلٌ   dan فُعَيْعِيْلٌ      keduanya bisa digunakan untuk isim yang terdiri dari empat huruf keatas.[8]Dengan perincian-perincian tertentu.

  1.  Mauzun-mauzun terpernci.[9]


  • Apabila terdiri dari lima huruf yang huruf ke empatnya berupa huruf ilat maka ia mengikuti wazan         فُعَيْعِيْلٌ  seperti  مُفَيْتِيْحٌ  asalnya مِفْتَاحٌ.
  • Apabila terdiri dari lima huruf asli maka dibuang huruf yang kelima dan di ikutkan wazan         فُعَيْعِلٌ seperti lafadh       سَفَرْجَلُ ditashghir menjadi      سُفَيْرِجٌ.
  • Dan apabila terdiri dari lima huruf lebih maka huruf kelima dan seterusnya dibuang seperti عَنْدَلِيْبُ         menjadi    عُنَيْدِلُ. (burung bul-bul kecil).

  • Apabila terdiri dari empat huruf  asli dan satu huruf  tambahanyang mana huruf ke empat tersebut bukan huruf illatmaka huruf tambahan tersebut dibuang dan di ikutkan wazanفُعَيْعِلٌ pembentukan wazan itu mengikuti cara pembentukan sheghot muntahal jumu’. Sedangkan apabila huruf yang ke empat berupa huruf illat maka di ganti dengan ya’ sebagaimana keterangan yang telah lalu. Contoh: مُدحرجٌ          دُحَيْرِجٌ .
  • Apabila terdiri dari empat huruf asli dan dua huruf tambahan atau lebih maka ada empat bentuk yaitu membuang huruf zaidah berikut lebih utama dari pada membuang huruf tambahan yang lain.
    Contoh:
  •          مُفَرِّحٌ             مُفَيْرِحٌ    (     م   lebih utama ditetapkan)
  •       مُتَدَحْرِجٌ       دُحَيْرِجٌ(   ت   lebih utama ditetapkan)
  •    مُسْتَخْرِجٌ         مُخَيْرِجٌ  (    م    lebih utama ditetapkan)
  •        اِسْتِخْرَاجٌ         تُخَيْرِجٌ      (   ت   lebih utama ditetapkan)                 


kalimat isim yangkemasukan dua huruf tamabahan yang tidak ada keutamaan di anatara salah satunya untuk ditetapkan (tidak dibuang) maka buanglah salah satunya yang kamu inginkan.
Contoh: عَلَنْدَى          عُلَيْنِدُ    atau               عُلَيْدَى
Karena nun dan alif maqshuroh itu ditambahkan hanya untuk di samakan dengan wazannya lafadh    سَفَرْجَلُ dan tidak ada keutamaan salah satunya untuk ditetapkan.
 

  1. Tashghir-tashghir yang langka.[10]


  • Keterangan berikut adalah keterangan yang tidak mengikuti ketetapan tashghir sebagaimana dijelaskan di atas. Maka tashghir dibawah ini adalah tashghir yang berhukum jarang. Yang mana lafadh yang dijaga tidak disamakan dengan ketentuan yang telah lalu seperti pentasghiran lafadh:
    عِشَاْءٌ             عُشَيَانٌ
    عَشِيَّةُ             عُشَيْشِيَةٌ
    عَشِيًّا             عُشَيْشَانُ
    لَيْلَةٌ               لُيَيْلِيَةٌ
  • Dan ulama’ ada yang mentashghir lafadh لَيْلَةٌ menjadi لُيَيْلَةٌ yang disamakan dengan ketentuan yang lalu.
  • Kemudian pentashghiran lafadh  اِنْسَنٌ  menjadi    اُنَيْسِيَانٌ    sedangkan orang arab bersepakat bahwapentashghiran lafadh ini sama dengan ketetapan awal.
  • Lafadh بَنينَ     menjadi اُبَيْنينَ, tidak ada pendapat lain mengenai pentashghiran ini.
  • Lafadh   رَجُلٌ apabila di qiaskan pada ketetapan awal menjadi  رُجَيْل  dan jika tidak diqiaskan menjadi  رُوَيجلٌ. Karena dikembalikan pada راجل      yang merupakan asal kata sebagaimana lisan orang arab.



[1]KH. Adul Djlil, Alfiyah ibnu Malik, hlm.84
[2]Harun Abdur Rozaq, ‘Unwaanu Adh-Dhorfi,(Surabaya: Al-Hidayah), hlm.74
[3] Musthofa Al-gholayain,Jamii’ud Durus, (Libanon: Darul bayan, 2008), hlm.243
[4]Ibid.hlm. 243
[5]Ibid.
[6]Ibid.
[7] Harun Abdur Rozaq, ‘Unwaanu Adh-Dhorfi,(Surabaya: Al-Hidayah), hlm.75
[8]KH. Adul Djlil, Alfiyah ibnu Malik.
[9] Musthofa Al-gholayain,Jamii’ud Durus, (Libanon: Darul bayan, 2008), hlm. 244
[10]Ibid. hlm. 251

Tidak ada komentar:

Posting Komentar